Pengertian Desain Grafis, Fungsi dan Tujuan

Desain Grafis



Desain Grafis adalah seni menciptakan sesuatu hal yang memiliki nilai estetis, yang proses pembuatan nya menggunakan kombinasi antara, garis, bentuk, warna, dan tulisan.

Penjelasan diatas merupakan penjelasan singkat. Pengertian dan makna desain grafis terus berkembang mengikuti zaman, karena proses atau kegitan ini (desain grafis) adalah bidang studi yang paling cepat adaptasi. Dan jenis yang dihasilkan juga sangat beragam, yang tidak berpacu kepada media cetak/digital.

Hasil dari desain grafis/produk:

  1. Majalah
  2. Brosur
  3. Cover Buku
  4. Logo
  5. dll

Pengertian desain grafis menurut para ahli:

Danton Sihombing

Desain grafis adalah menggunakan berbagai elemen seperti marka, simbol, dan uraian yang di visualkan melalui typografi dan gambar.

Warren

Desain grafis adalah suatu arti atau makna dari ide dan tempat yang divisualkan.

Jessica Helfand

Desain grafis adalah kombinasi kompleks angka-angka dan grafik, kata-kata dan gambar, foto-foto dan ilustrasi, yang membutuhkan pemikiran lebih/khusus dari seseorang atau individu untuk menggabungkan element ini. Untuk menghasilkan suatu karya yang memiliki nilai estetis.

Suryanto

Desain grafis adalah sebagai aplikasi seni ketrampilan untk kebutuhan industri dan bisnis.


Desain grafis berdasarkan tujuan dan fungsi

Ketika kita mencari atau memahami tujuan dan fungsi dari suatu kegiatan, kita dapat mengartikan dan memahami lebih baik. Desain grafis identik dengan perangkat lunak komputer seperti Adobe Illustrator, Corel Draw dan Photoshop. Namun aplikasi itu hanyalah digunakan sebagai perancang saja.

Tujuan utama desain grafis adalah mampu memecahkan masalah atau mengolah menjadi kebutuhan komunikasi visual. Seorang desainer tidak hanya mampu menggunakan perangkat lunak komputer saja, namun harus bisa dan memahami konsep suatu gambar agar tercipta karya yang memiliki prespektif (sudut pandang) yang pas.

Fungsi utama desain grafis adalah untuk menyajikan informasi sebagai media komunikasi yang sangat mudah dipahami namun juga memiliki nilai kreatifitas sendiri.