Cara Merawat Ikan Cupang Dengan Baik & Benar, Gampang Kok…

Cara merawat ikan cupang ternyta tidak serumit yang kamu bayangkan ternyata. Namun dalam prosesnya harus dibutuhkan ketekunan untuk menghasilkan cupang yang berkualitas dan bagus. Selain itu kamu juga tak harus mengeluarkan dana yang banyak untuk merawat ikan cupang yang benar.

Ikan cupang memiliki dua jenis, yang pertama jenis ikan cupang untuk aduan dan jenis kedua ikan cupang untuk kontesan. Warna yang begitu sangat indah dan menarik unruk kita pandang, tak jarang banyak orang yang memelihara ikan cupang ini dirumah, ada yang dijadikan sebagai hiasan da nada juga yang memelihara ikan ini untuk beternak.

Jika cara dalam perawatan ikan cupang ini salah, maka akan berakibat fatal pada sirip ikan cupang itu sendiri, bisa patah dan bisa juga robek. Maka dari itu perlu cara yang baik untuk segi perawatan agar bisa pulih kembali ekornya.

Maka dari itu admin sudah merangkum beberapa cara merawat ikan cupang yang baik dan benar, dan tentunya ini wajib kamu pahami baik-baik.

1. Gunakan wadah yang tepat

Cara yang paling mendasar adalah dengan menggunakan wadah yang tepat. Kamu juga bisa menggunakan aquarium, tetapi di sarankan ukuran aquariumnya menyesuaikan dengan ikan cupang itu sendiri. Karena jika kamu salah wadah dalam proses pembesaranya, alhasil bukan jadi bagus ekor atau warnanya, melainkan bisa jadi rusak atau bahkan mati.

2. Jenis air

Cara selanjutnya dengan memperhatikan kadar atau jenis air yang kamu gunakan. Karena air adalah hal yang tak lepas dari komponen memelihara ikan cupang itu sendiri. Mungkin kamu memahami hal ini terlihat sangat sepele, tapi jika kamu perhatikan baik-baik, kualitas air itu sendiri yang akan menjaga si cupang dalam kelangsungan hidupnya.

3. Berikan daun ketapang

 Selain dengan menjaga kebersihan air itu sendiri, kamu juga perlu berikan daun ketapang. Daun ketapang ini adalah hal yang sangat penting sekali sebagai antibiotik alami yang dapat menyembuhkan luka pada ekor cupang itu sendiri.

4. Sesekali di jemur di bawah sinar matahari

Selain itu kamu juga dapat menjemur ikan cupang ini di bawah sinar matahari, yang bertujuan untuk membunuh bakteri yang ada dalam tubuh cupang atau wadahnya. Kegiatan penjemuran ini juga dapat membuat ikan cupang menjadi lebih fresh dan segar. Waktu yang paling bagus untuk proses penjemuran bisa kamu lakukan di jam 8 pagi sampai 10 pagi, selama 30 menit.

Itulah bebrapa cara proses perawatan ikan cupang yang mungkin belum kamu ketahui. Kamu juga bisa mampir ke toko kami untuk meminang ikan impian kamu di “jual ikan hias murah”

sumber gambar : https://santinorice.com/wp-content/uploads/2017/12/penambahan-air.jpg