Cara Melatih dan Merawat Ikan Cupang Aduan Biar Makin Giras dan Galak, Pasti Juara!

Memelihara ikan cupang yang sejatinya sudah trend sejak lama,namaun saat ini kembali menjadi trend lagi. Bukan hanya untuk aduan saja melainkan untuk ikan cupang jenis hias pun juga banyak di buru untuk kontesan.


Meskipun begitu ikan cupang aduan pun juga banyak di buru di berbagai penjuru di Indonesia. Kontes aduan pun masih ada di Indonesia dengan hadiah yang sangat tidak sedikit dalam kategori aduan ikan cupang.

Ikan cupang yang kuat dan terbaik lah yang hanya bisa bertahan dalam kontes aduan ini, selebihnya hanya kembali ke dalam aquarium dengan penuh luka dan bahkan bisa mati.

Untuk melakukan proses pembentukan, ada banyak tahapan sebelum melakukan tahap latihan. Pastikan cupang yang kamu miliki adalah cupang aduan bukan cupang hias.

Pastikan ikan kamu dalam kondisi sehat, untuk mengetahui kondisi ikan sehat yaitu warnanya yang mencolok dan sirip yang sempurna itu adalah sayarat utama ikan sehat.

Memberikan ikan cupang dengan pakan yang sehat dan berkualitas, berikan pakan jentik nyamuk dlam sehari atau dua hari 7-8 jentik nyamuk.

Variasikan dengan jenis pakan yang lainnya dengan mengkombinasikan dengan cacing merah atau biasa di sebut cacing sutra.

Sebelum mulai latihan pastikan ikan cupang sudah kenal dengan pemiliknya dan sudah terbiasa, untuk mengetahui cupang sudah kenal dengan pemiliknya adalah, ketika di dekati oleh pemiliknya maka ikan cupang tersebut akan berenang, biasanya butuh waktu satu minggu untuk mengenal pemiliknya.

Setelah persiapan kamu lakukan maka tahap latiahan siap dijalankan.

  • Latihan mengikuti jari

  • Latihan melawan arus

  • Latihan membuka sirip

  • Latihan pernapasan

  • Latihan mengejar

Itu saja yang perlu kamu lakukan dalam proses pembetukan cupang sebagai aduan. Jika sudah kamu lakukan semua dan cupang sudah mulai agresif maka ikan tersrbut siap untuk di jadikan cupang aduan.

sumber gambar : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjB2uyQElYA__7sgOnPPUah6dUpSloa-bxwSoS6jc98e4xsib5xXZpfMreVfO354CL2_0r850J8O3dZtH18CIi_5I2sTsAjWyNuT0FNYoWCH6plPPioQSIxy2bivT9IYH-yIDxJKj8JS0_V/s1600/Ciri-Fisik-Cupang-Aduan-Kualitas-Juara-betta-kamboja.jpg