Apa Perbedaan Ilmu Komputer dan teknik Informatika? Simak Yuk!

Apa Perbedaan Ilmu Komputer dan teknik Informatika? Simak Yuk!

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menjajikan prospek yang sangat luas. Untuk itu, semakin banyak orang yang ingin berkarir di bidang ilmu komputer. Akan tetapi calon mahasiswa biasanya mengalami kebingungan ketika di suruh memilih antara teknik informatika dengan ilmu komputer. Hal ini lumrah terjadi karena kedua jurusan ini berkarir di jaringan kerja yang bisa di katakan sama.

https://www.teknik.unpas.ac.id/wp-content/uploads/2019/01/informatika-600x321.jpg

Akan tetapi dasar dari kedua jurusan ini sangatlah berbeda, dari segi teori dan penerapannya. Namun seperti algoritma untuk kedua jurusan ini juga mempelajari, pemrograman, dan yang lainnya baik secara teori atau praktik. Untuk mengetahui sedikit perbedaan dari keduanya simak baik-baik artikel ini.


Perbedaan Sejarah

Untuk membahas mengapa teknik komputer dan ilmu komputer berbeda, kita harus mundur ke era dimana fakultas yang membahas munculnya komputer di indonesia.

Kampus yang pertama yaitu Universitas Indonesia (UI) yang memprakarsai terbentuknya fakultas komputer pertama di Indonesia, Dan yang kedua yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada saat itu guru besar UI mempelajari tentang computer science atau ilmu komputer di Amerika Serikat. Sementara itu dari guru besar ITB memiliki kiblat atau sumber dari eropa, prancis tepatnya. Di prancis ilmu komputer sering disebut informatics atau informatika.

Perbedaan dari segi sebutan tersebut tidak terlalu beda mencolok karena pada dasarnya ketika lulus nanti kedua jurusan ini akan menjadi bagian yang sama dalam dunia pekerjaan. seperti pengembangan perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Namun dalam pembekalan ilmu agak sedikit berbeda, ini yang perlu kamu cermati.


Ilmu Yang Berbeda

Kiblat atau sejarah dahulu memiliki latar belakang yang berbeda, hal ini menyebabkan keduanya menyebabkan pembelajaran keduanya sedikit berbeda pula. Semua tidak lepas dengan struktur, dan visi antara dua kampus tersebut. Hal ini akan menggambarkan perbedaan ilmu komputer dengan teknik informatika.

Pada jurusan ilmu komputer, mahasiswa biasanya di bekali pengetahuan secara mendasar tentang teori dalam ilmu atau sains tentang komputer itu sendiri. Contoh yang lebih signifikan saja seperti pemrograman, teori jaringan, sistem algoritma, dan lain-lain. Meskipun mahasiswa ilmu komputer tak lepas dengan praktik dari ilmu-ilmu komputer. Teori dan praktik sama porsinya jika di jurusan ini.

Pada teknik informatika lebih mengutamakan praktik daripada teori. Para mahasiswa teknik informatika lebih dirancang atau di didik untuk menjadi pekerja terampil dan profesional dalam dunia kerja. Pada jurusan teknik informatika praktiknya lebih banyak daripada jurusan ilmu komputer. Meskipun mahasiswa teknik komputer juga mempelajari ilmu komputer namun tidak terlau sedetail mahasiswa ilmu komputer.


Perbedaan Kurikulum Antara Dua Kampus Tersebut

Perkembangan yang semakin cepat di bidang teknologi maupun pendidikan menyebabkan pembekalan pembelajaran menjadi semakin berbeda di tiap visi misi antara satu kampus dengan lainnya. Bagi kamu yang ingin memilih jurusan ilmu komputer dan teknik informatika di sarankan untuk melihat terlebih dahulu kirikulum yang ada di kampus tersebut. 

Ilmu komputer UI:

Mpk agama

Matematika Diskret

Probabilitas & Statistika

Pemograman web & perancangan

Pengantar organisasi komputer

Metematika dasar

Mpk bahasa inggris

Mpk seni & olahraga

Sistem operasi

Automata & teori bahasa

Pemrograman deklaratif

Pemrograman sietem

Sistem cerdas

Penulisan ilmiah

Jarigan komputer

Analis numerik

Desain & analis algoritma

Proyek perangkat lunak

Kulia pilihan minat


Teknik Informatika ITB:

Algoritma & Struktur Data

Matematika Diskrit

Logika Informatika

Probabilitas & Statistika

Aljabar Geometri

Organisasi & Arsitektur Komputer

Pemrograman Berorientasi Objek

Strategi Algoritma

Teori Bahasa Formal dan Otomata

Sistem Operasi

Basis Data

Dasar Rekayasa Perangkat Lunak

Pengembangan Aplikasi Berbasis Web

Pengembangan Aplikasi pada Platform Khusus

Jaringan Komputer

Manajemen Proyek Perangkat Lunak

Manajemen Basis Data

Interaksi Manusia & Komputer

Inteligensi Buatan

Agama dan Etika

Sistem Paralel dan Terdistribusi

Sistem Informasi

Proyek Perangkat Lunak

Grafika Komputer

Socio-Informatika dan Profesionalisme


Itulah sekian perbedaan sedikit antara ilmu komputer dan teknik informatika. Perlu admin pertegas di antara perbedaan di atas tidak baku tetapi bersifat fleksibel, sehingga perbedaan keduanya sudah hampir tidak bisa di bedakan, serta lebih kepada arah dan tujuan masing-masing kampus.

Yuk cek artikel lainnya hanya di blog kami.