Kelebihan dan Kekurangan Jika Kamu Anak Ilmu Komputer. Simak Baik - Baik!

Kelebihan dan Kekurangan Jika Kamu Anak Ilmu Komputer. Simak Baik - Baik!

Ketika kita hendak ingin kuliah, langkah awal yang harus kita lakukan adalah memilih jurusan terlebih dahulu. Jika jurusan itu tidak nyaman untuk kita lakukan terkadang jenjang karir kedepan menjadi tidak jelas.


https://ilmuonline.net/wp-content/uploads/2019/03/kelebihan-dan-kekurangan-teknik-informatika.jpg

Membaca dan mengenali jati diri adalah kunci utama dalam menentukan pilihan, salah satunya dalam memilih ilmu komputer.


Kekurangan Jurusan Ilmu komputer

Pada zaman yang semakin berkembang saat ini, jurusan ilmu komputer menjadi sangat populer. Trend inilah yang menjadi titik lemah siswa dalam memilih jurusan ini. Maka dari itu semakin ketat juga persaingan yang timbul dalam jurusan ini baik dalam dunia perkuliahan maupun dunia pekerjaan. Alih-alih mudah mendapatkan pekerjaan malah sebaliknya.

Walaupun persaingan ketat, lapangan pekerjaan juga masih banyak yang satu frekuensi dengan jurusan ini. Tapi perusahaan atau PT hanyalah mencari jurusan yang terbaik atau yang sudah pengalaman. Masalah persaingan antara satu dengan yang lain untuk menjadi yang terbaik inilah yang di abaikan banyak orang. Padahal sudah tergambar jelas inilah yang menjadi faktor utama dalam perbedaan antara kelebihan dan kelemahan jurusan ilmu komputer.

Mindset orang sudah salah di awal ketika sudah memilih jurusan ini, yang hanya mengikuti gelombang jurusan populer.  Dan ini yang menjadi persoalan serius ketika sudah mau terjun ke dalam jurusan ini. Yang dimana ketika kamu lulus dengan nilai biasa aja belum tentu di terima atau mudah mendapatkan pekerjaan. Jadi untuk kalian yang sudah terjun kedalam jurusan ini jangan terlalu bersantai-santai.

Kebanyakan orang suka dengan jurusan ini mengira mempelajari desain grafis dan multimedia seperti film, dan animasi, padahal ini bukan tempatnya. Walaupun ini juga di ajarkan, namun tidak terfokus pada itu melainkan pada koding dan pemograman.

Jadi jangan salah mengartikan jurusan ini, cari tahu terlebih dahulu apa saja yang dipelajari banyak di jurusan ini. 

 

Kelebihan jurusan Ilmu komputer

Banyak yang bilang selama teknologi terus berkembang, maka semakin banyak juga lapangan pekerjaan ketika kita lulus nanti. Banyak usaha yang sedang membutuhkan upgrade, seperti toko online contohnya.

Dan banyak juga perusahaan startup yang membutuhkan lulusan ilmu komputer, contoh lain saja yang ada di indonesia, sudah banyak bukan? Shopee, Lazada, Bukalapak, Gojek, Traveloka. Jika kamu lulusan ilmu komputer, bukan tidak mungkin kamu bisa menempati posisi pekerjaan di stratup ternama tersebut.

Kelebihan lain dari jurusan ini adalah, kamu bisa menjadi developer game kecil. Degan terbukanya steam atau pasar digital game. Para mahasiswa melakukan ini untuk mengasah kemampuannya sekaligus meningkatkan daya jual tersendiri. Dimana nantinya jika project ini berhasil bisa dijadikan portofolio dalam mencari pekerjaan.


Jadi jangan salah langkah hendak memilih sesuatu yang itu dampaknya untuk masa depan kita, apabila itu fatal maka kamu sendiri yang akan menanggung risikonya.

 

Terimakasih sudah membaca.

Stay Tuned and Happy Reading 

Jangan lupa kunjungi dan baca artikel kami yang lainnya.